Sosialisasi Hibah Penugasan Dosen ke Sekolah dari Kemenristekdikti

FKIP UMPalembang – Tidak perlu menunggu waktu lama bagi FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang untuk menindaklanjuti surat dari Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Nomor 199/B2.1/TU/2018 tanggal 15 Maret 2018 setelah FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang dinyatakan sebagai salah satu Pemenang Seleksi Tahap I Program Hibah Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) bersama 86 Perguruan Tinggi lain se-Indonesia. Berdasarkan surat tersebut juga diketahui bahwa hanya ada 2 Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan yang berhasil Lolos Tahap 1, yaitu Universitas Muhammadiyah Palembang dan Universitas Sriwijaya.

Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang, Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd. mengungkapkan bahwa hal ini merupakan sesuatu hal yang patut untuk disyukuri, mengingat terdapat ratusan perguruan tinggi di Indonesia yang berpotensi untuk mendapatkan hibah ini. Bapak dekan juga menyampaikan untuk segera ditindak lanjuti kesempatan ini, mengingat ada beberapa persyaratan yang masih perlu dilengkapi oleh Tim Hibah PDS FKIP UM Palembang. Untuk itu pada hari Kamis tanggal 22 Maret 2018 yang lalu, beberapa dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang yang dilibatkan dalam hibah ini diundang untuk diberikan pengarahan terkait persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk diajukan kembali pada Seleksi Tahap II paling lambat tanggal 27 Maret 2018.

Dalam kesempatan tersebut, dosen-dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang menyambut positif kegiatan hibah ini. Selain dapat meningkatkan kompetensi dosen-dosen di lingkungan FKIP UM Palembang, kegiatan-kegiatan yang disusun oleh tim juga dapat meningkatkan kerjasama dengan sekolah-sekolah mitra yang dijadikan tempat mengajar para dosen. Di antara sekolah yang menjadi mitra dalam kegiatan ini adalah SMP, SMA, dan SMK di lingkungan Muhammadiyah kota Palembang.

Dr. Saleh Hidayat, M.Si. selaku ketua Tim Hibah mengungkapkan, singkatnya waktu pengiriman berkas kepada Dirjen Belmawa Kemenristekdikti membutuhkan kerjasama yang baik antara dosen yang ditugaskan dengan tim hibah. Oleh sebab itu, para dosen dibuatkan surat komitmen penuh dalam melaksanakan hibah sampai dengan selesai. Hal ini dilakukan mengingat kegiatan-kegiatan dosen selain mengajar, juga melaksanakan penelitian dan pengabdian yang juga menghabiskan banyak waktu.

(red: Humas FKIP UM Palembang)