Pengajian Rutin Bulanan FKIP UM Palembang

Pengajian Rutin Bulanan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

FKIP UMPalembang – Jumat, 6 April 2018 FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang melaksanakan kegiatan Pengajian Rutin Bulanan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Bidang IV yang dilaksanakan setiap minggu pertama di setiap bulannya. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh dosen, karyawan, dan pimpinan di FKIP UM Palembang ini merupakan salah satu bentuk implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Acara pengajian tersebut dibuka dan dimoderatori langsung oleh Wakil Dekan IV, Drs. Hoirul Amri, M.E.Sy. Selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh kepala UPT TI FKIP UM Palembang, Abdul Kadir, S.Kom.

Pada kesempatan kali ini, narasumber dari pengajian tersebut adalah Drs. H. Abu Hanifah. Materi yang disampaikan adalah terkait dengan kehidupan KH. Ahmad Dahlan, pendiri Persyarikatan Muhammadiyah. Beliau berpesan sebagai warga Muhammadiyah, sebaiknya tidak hanya terdaftar sebagai anggota Muhammadiyah saja, namun juga patut untuk mencontoh perilaku kehidupan yang baik dari seorang KH. Ahmad Dahlan.

Banyak tindakan-tindakan dan perilaku-perilaku dari KH. Ahmad Dahlan yang perlu dicontoh oleh warga Muhammadiyah. Salah satunya adalah keberanian beliau menyampaikan suatu kebenaran. Di jaman sekarang, seseorang yang berani untuk menyampaikan kebenaran adalah suatu hal yang langka. Perilaku ini dapat dilihat dari keberanian KH. Ahmad Dahlan membenarkan arah kiblat yang pada waktu itu belum sesuai arahnya. Hal ini tentu saja mendapatkan banyak tentangan dari masyarakat pada waktu itu. Namun, beliau berkeyakinan bahwa hal-hal kebenaran perlu untuk disampaikan dan InsyaAllah akan mendapatkan pertolongan oleh Allah.

(red: Humas FKIP UM Palembang)