Roadshow, Talkshow dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Salam Historia!

Selasa, 11 April 2023, Program studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang mengadakan kegiatan Roadshow, Talkshow dan Pengabdian kepada masyarakat, bertempat di Anjungan Rumah Adat Sumatera Selatan yang berada di kawasan Dekranasda Jakabaring Palembang. Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama antara Prodi Pendidikan Sejarah UM Palembang dengan Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan praktik sekaligus refleksi dari beberapa matakuliah yang ada pada kurikulum Prodi yang berjalan. Beberapa matakuliah penunjang yang diimplementasikan pada kegiatan ini adalah matakuliah English for tourism, Sejarah dan Pariwisata, Studi Objek Sejarah dan kewirausahaan khususnya di bidang pariwisata.

Tema Talkshow pada kegiatan ini adalah Pariwisata dan Sejarah Lokal: Potensi Pengembangan Jiwa Enterpreneur Generasi Muda di Masa Depan. Sementara tema kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dibawakan adalah tentang Sosialisasi Pentingnya Pelestarian Budaya Lokal Sebagai potensi Wisata Daerah di Era Society 5.0. Kedua tema ini memiliki keterkaitan satu sama lain, pemilihan tema ini juga tepat untuk mendukung softskill mahasiswa serta kaitannya dengan salah satu profil lulusan mahasiswa prodi Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang yaitu menjadi Pemandu Wisata.

Foto bersama Dr. Hudaidah, M.Pd.

Pemateri pada kegiatan talkshow ini didatangkan dari Universitas Sriwijaya Dr, Hudaidah, M.Pd. Sementara peserta yang hadir pada acara ini terdiri dari para dosen prodi Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang dan para mahasiswa FKIP UM Palembang. Materi yang disampaikan sangat menarik, sehingga para peserta yang hadir khususnya mahasiswa sangat antusias mengikuti talkshow interaktif ini. Dalam kesempatan ini Dr. Hudaidah menyampaikan bahwa “ada empat elemen yang seharusnya bertugas untuk melestarikan tinggalan sejarah sebagai aset pariwisata, yaitu pemerintah, masyarakat, dunia pendidikan dan komunitas terkait”. Kemudian Dr. Hudaidah menambahkan “sehubungan dengan upaya membangun jiwa enterpreneur di bidang pariwisata bagi generasi muda, ada hal terpenting yang harus diutamakan yaitu awareness”. Salah satu upaya untuk membangun jiwa enterpreneur itu sendiri adalah dengan membangun brand image. Tidak sampai disitu saja, selanjutnya brand image ini perlu dipromosikan atau disosialisasikan agar orang-orang tau dengan produk kita, imbuhnya.

Melalui serangkaian kegiatan ini, Dr. Apriana, M.Hum selaku Ketua Prodi Pendidikan Sejarah di FKIP UM Palembang berharap dapat meningkatkan kecintaan para mahasiswa terhadap tinggalan sejarah dan budaya khususnya di Sumatera Selatan dan agar para mahasiswa dapat menjadi agen pelestari di masa kini dan masa depan. (Yulia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *