PkM dan Promosi Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang

Sabtu, 4 November 2023

Program Studi Pendidikan Sejarah, dalam hal ini dosen bersama mahasiswa, telah mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) sekaligus  mempromosikan program studi pendidikan sejarah. Sasaran kegiatan meliputi dua unsur, yaitu para guru dan siswa di SMA YWKA Palembang. Tema PkM ini ialah “Penerapan Media Pembelajaran Sejarah Lokal Melalui Nilai Filosofi Bangunan Rumah Kampung Arab 13 Ulu di SMA YWKA Palembang“. Kehadiran team dari Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang ini disambut langsung oleh kepala sekolah SMA YWKA Palembang yaitu Adam Darus Matrio, S.Pd.

Sambutan-sambutan

Sambutan disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA YWKA Palembang dan perwakilan dari Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang. Sambutan pertama oleh Kepala Sekolah SMA YWKA Palembang yaitu Adam Darius Matrio, S.Pd. Dalam sambutannya, Adam mengatakan bahwa pihak sekolah menyambut dengan senang hati kehadiran dari tim Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang. Sebagai salah satu alumni yang pernah menimba ilmu di Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang, beliau merasa bangga karena dapat dikunjungi langsung oleh tim prodi. Disela sambutannya, beliau menyempatkan untuk menyapa para dosen senior prodi pendidikan sejarah yang sempat hadir. Beliau berharap, kegiatan ini nantinya akan memberikan banyak manfaat terutama bagi para guru di SMA YWKA Palembang.

Sambutan kedua disampaikan oleh perwakilan dari Prodi Pendidikan Sejarah yaitu Dra. Fatmah, M.Hum., merupakan salah satu dosen senior di Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang. Dra. Fatmah mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk implementasi kewajiban yang dibebankan terhadap dosen yang meliputi kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beliau juga sangat berterimakasih karena sudah disambut dengan sangat baik di SMA YWKA Palembang. Diakhir sambutannya, beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih dari fakultas kepada pihak SMA YWKA Palembang karena sudah memberikan izin untuk mengadakan kegiatan PkM dan promosi.

Inti dan Akhir Kegiatan

Kegiatan ini diketui oleh salah satu dosen muda di pendidikan sejarah FKIP UM Palembang, Dewi Setyawati, M.Pd., dengan mengusung tema yang pernah dijadikan sebagai hasil karya tulis/ penelitiannya. Pemaparan materi selanjutnya, disampaikan langsung oleh Bu Dewi dengan menjabarkan makna filosofis yang ada pada bangunan rumah Kampung Arab. Rumah pada kampung Arab ini menjadi salah satu sumber belajar bagi para siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah.

Kegiatan ini selanjutnya diakhiri dengan pengambilan dokumentasi/ foto bersama. Terlaksananya kegiatan ini sebetulnya bukan semata untuk PkM dan promosi semata, namun makna yang tersirat lebih kepada pengembangan komunikasi antara dua pihak yaitu pihak SMA YWKA Palembang dan tim dari Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang. (Yulia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *