img not found!

LPMP Sumatera Selatan sebagai Narasumber Penyamaan Persepsi Kurikulum 2013

LPMP Sumatera Selatan sebagai Narasumber Penyamaan Persepsi Kurikulum 2013

FKIP UMPalembang – Menghadapi perkembangan dunia pendidikan yang cukup cepat, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai salah satu Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) terbaik di Sumatera Selatan terus berbenah dan meningkatkan kualitas dosen-dosennya. Usaha untuk meningkatkan kualitas dosen tersebut tercermin dalam bentuk kegiatan Penyamaan Persepsi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di Aula FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang pada hari Rabu tanggal 21 Maret 2018 dengan menghadirkan dua orang narasumber dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan, Pirdaus, M.M., M.Pd., dan Drs. Basuki Iryadi, M.Pd.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang yang terdiri dari enam program studi yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Kegiatan ini terselenggara sebagai realisasi kerjasama yang dilakukan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang dengan LPMP Sumatera Selatan yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Selain kegiatan penyamaan persepsi tentang Kurikulum 2013 ini, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang juga telah melaksanakan kegiatan Seminar Pelajar Sehat di Kayuagung, kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Pelatihan Blog bagi Pelajar di Indralaya, kabupaten Ogan Ilir (OI).

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang, Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd. menyampaikan latar belakang dilaksanakan kegiatan penyamaan persepsi Kurikulum 2013 tersebut adalah karena dosen-dosen di LPTK merupakan seorang pendidik yang akan mencetak calon-calon guru di masyarakat, oleh karena Kurikulum 2013 telah diterapkan secara luas di sekolah-sekolah, maka dosen juga harus mengetahui perkembangan implementasinya di sekolah. Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk dalam menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa.

Alasan lain yang disampaikan Rusdy adalah karena FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang merupakan salah satu LPTK yang mendapatkan Hibah tentang Penugasan Dosen ke Sekolah dari Kemenristekdikti. Di Sumatera Selatan hanya ada dua LPTK yang berhasil mendapatkan hibah ini, yaitu FKIP Universitas Sriwijaya dan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Hibah ini merupakan kelanjutan dari dua hibah yang diterima oleh FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang pada tahun 2016 dan 2017.

(red: Humas FKIP UM Palembang)

Comments are closed.