img not found!

Semnas 2016

Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2016

Cover Prosiding

Dewan Redaksi

Sambutan-Sambutan

Daftar Isi

Upaya Pembinaan Kompetensi Guru dan Calon Guru

Erwin Bakti, Syamsila Yurni

Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa FKIP UNILA

Ratu Betta Rudibyani

Belajar dari Keberhasilan Pendidikan di Finlandia

Taty Fauzi, Neti Herlina

Kemampuan Siswa dalam Memproses Informasi pada Pembelajaran Keanekaragaman Hayati (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Bandung)

Annisa Setya Rini, Meilia Gemilawati, Dida Firgiawan, Topik Hidayat

Pembelajaran Morfosintaksis melalui Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menulis Wacana Pragmatik

Sri Parwanti

Identifikasi Kompetensi Dasar dan Indikator Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Kota Bengkulu

Sri Dadi, Endang Widi Winarni, Herman Lusa

Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dinamika Mahasiswa Pendidikan Fisika

Eko Swistoro Warimu

Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Problem Solving

Eka Fitri Puspa Sari

Penggunaan ICEBERG dalam Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Allen Marga Retta

Pemanfaatan Koperasi Sekolah dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII

Fenny Rahma, Zulkardi, Somakim

Penggunaan Video Pesawat Take Off pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas VII

Andinasari, Zulkardi, Somakim

Pengaruh Penerapan Model Multiple Talents terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa

Weli Marlina

Desain Pembelajaran secara Syarat Dua Fungsi dapat Dikomposisikan Menggunakan Tagihan Rekening Listrik

Rinni Artiyani, Zulkardi, Yusuf Hartono

Desain Pembelajaran  Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Renny Marlina

Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Ria Erviana

Potensi Model Pembelajaran Challenge Based Learning dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Sulton Nawawi

Potensi Model Pembelajaran Problem Solving disertai Argument Mapping untuk Memberdayakan Berpikir Kritis

Tutik Fitri Wijayanti

Strategy Role Playing Technique Berbantuan Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Speaking Berdasarkan Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Siti Khadijah Palembang

Nyayu Yayu Suryani

Bahan Ajar Berbasis Inquiry Untuk Mendorong Aktivitas Berpikir Kritis Matematika Siswa

Anggria Septiani Mulbasari

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa

Eka Kurniawati

Pengaruh Limbah Air Terproduksi terhadap Kelimpahan Plankton di Wastewater Treatment And Injection Plant Sumur Produksi Minyak TLJ-236 Desa Talang Balai Kabupaten Muara Enim

Sesiana Giovani Lestari, Saleh Hidayat, Hendra

Potensi Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) disertai Roundhouse Diagram (RD) dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Kemandirian Belajar

Nita Nuraini

Pengaruh Pembelajaran dengan Muatan Nilai Sains Terhadap Penguasaan Konsep dan Sikap Siswa

Dini Afriansyah, Meli Astriani, Erni Angraini

Kompetensi Profesi Tenaga Pendidik melalui Karya Ilmiah Demi Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas

Juwati

Potensi Model Pembelajaran Pure Hypothetical Inquiry untuk Mengembangkan Kemampuan Kreatif Peserta didik pada Abad 21

Dyna Natalia

Penulisan Sejarah (Historiografi): Mewujudkan Nilai-Nilai Kearifan Budaya Lokal Menuju Abad  21

Nurhayati

Morfologi dan Variasi Interspesies Ikan Glodok (Periopthalmus gracilis dan Periopthalmus variabilis) di Wilayah Perairan Makarti Jaya dan Sungsang dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA

Ervina Mukharomah, Kodri Madang, Lucia Maria Santoso

Pembelajaran Biologi Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah

Etty Nurmala Fadillah

Pembelajaran Biologi Berbasis Pengetahuan Metakognitif untuk Mempersiapkan Generasi Abad Ke-21

Binar Azwar Anas Harfian

Strategi Siswa dalam Menemukan Konsep Pembagian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar

Diah Lara Amiati

Pembelajaran Grafik Persamaan Kutub Menggunakan Styrofoam Lingkaran Kutub untuk Mengembangkan Keterampilan Menggambar

Widiawati

Pengembangan Bahan Ajar Analisis Kompleks terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Novi Susanti

Pembelajaran Materi Perkalian Menggunakan PMRI di Kelas II

Sunedi, Zulkardi, Somakim

Studi Kasus : Konsepsi Siswa terhadap Segitiga Siku-Siku di Kelas VIII SMP

Sri Handayani

Analisis Nilai Budaya dalam Novel Musyahid Cinta Karya Aguk Irawan MN

Ike Tri Pebrianti

Pengembangan Buku Teks Menulis Puisi Keindahan Alam Siswa Kelas VII

Henny Nopriani

Keterkaitan Hasil Penelitian terhadap Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Picture and Picture

Beri Priansyah, Eka Haryati Yuliany, Saleh Hidayat, Susi Dewiyeti

Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SD Negeri 69 Kota Bengkulu

Rina Oktafia Putri

Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Persamaan Differensial

Anna Fauziah

Pengaruh Persepsi Siswa pada Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika

Reni Iriyanti

Kemampuan Berpikir Logis Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

Ety Septiati

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Excel Solver

Dina Octaria

Potensi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah

Prihatin

Desain Pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesar Berbasis PMRI di Kelas IV Sekolah Dasar

Ummu Na’imah

Penerapan Model Pembelajaran Model Berbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa

Asria Hirda Yanti

Potensi Lesson Study dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Hasil Belajar Siswa

Wulandari Saputri, Saleh Hidayat, Erie Agusta

Desain Pembelajaran Matematika dengan Discovery Learning pada Materi Luas Permukaan Balok

Nur Hasanah Pahlepy

Kajian Literatur Bahan Ajar Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berbasis PMRI Level HOTS

Titin Riyanti

Pengembangan Peningkatan Kompetensi Profesional Pendidik  secara Berkelanjutan

Reny Dwi Riastuti

Karya Ilmiah dan Profesionalisme Guru

Yeni Asmara

Indonesia Digital Learning Solusi Menciptakan Pembelajaran Inovatif Abad 21 di Indonesia

Erie Agusta

Membekali Pendidikan Sebagai SDM dalam Proses Pendidikan Belajar Berkelanjutan: Melalui Pilar Pendidikan

Nurbaiti

Pengaruh Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Konstruktivis-Metakognitif  terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Rindi Novitri Antika

Eksperimentasi Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII

Reny Wahyuni

Mengajar Pelajaran Membaca Menggunakan Teknik Hipnoteaching

Sri Yuliani