img not found!

Pelatihan Pengisian BKD Berbasis Sister

Pelatihan Pengisian BKD Berbasis Sister

FKIP UM Palembang mengadakan Pelatihan Pengisian BKD Berbasis Sister untuk seluruh dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Palembang.

Aplikasi SISTER yang keluarkan oleh Kemenristekdikti menjadi sebuah bentuk dukungan terhadap tugas dan fungsi Direktoral Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam upaya penggunaan teknologi informasi terutama di lingkungan institusi pendidikan tinggi. Data pendidik seperti Dosen dibutuhkan karena memiliki banyak informasi kaitannya dengan penerapan Tridharma Perguruan Tinggi. Informasi tersebut diantaranya berupa latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung untuk bisa di input ke dalam sistem. Sistem aplikasi SISTER membuat Dosen dapat membangun, mengedit, dan menambahkan data untuk melengkapi portofolionya.

SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi, yang mana SISTER ini adalah program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.

Setiap Perubahan Data bisa dilakukan oleh Dosen melalui Akun SISTER Masing-Masing. SISTER memberikan hak akses kontrol penuh kepada Dosen atas data mereka masing-masing, dimana Dosen dapat mengubah dan memperbarui data mereka sesuai dengan data terbaru dengan mudah, dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas data dalam rangka pembuatan kebijakan pengembangan SDM yang tajam dan relevan.

Penggunaan BKD melalui SISTER ini adalah untuk menunjang pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang mereduksi beban administrasi dosen, menyederhanakan dokumen karier dosen dalam satu sistem terintegrasi, kinerja dosen berorientasi outcome minimal output, sehingga mendukung capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) institusi.


Pelatihan dilaksanakan hari ini (Senin) tanggal 29 November 2021. Dilakukan secara daring dan luring peserta langsung diarahkan untuk mengisi data di akun sister masing-masing.


Hadir pemateri hari ini, Bapak Afandi, M. Pd. yang secara langsung mengarahkan peserta dalam pengisian dokumen terkait.

Comments are closed.