img not found!

Yudisium Ke-76, Alumni FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Harus Menjadi Guru Yang Kreatif dan Inovatif

Yudisium Ke-76, Alumni FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Harus Menjadi Guru Yang Kreatif dan Inovatif

Palembang, 22 Juni 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar acara Yudisium Ke-76 yang diadakan di aula Fakultas. Terdapat 43 orang peserta Yudisium yang diantaranya 7 orang alumni berprestasi dan predikat pujian, 7 orang alumni berprestasi, dan 6 orang dengan predikat pujian.

Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Kaderisasi Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., mendorong alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif.

Karena menurutnya era pendidikan yang berkembang saat ini disebut Pendidikan 4.0 yang bercirikan teknologi digital dalam proses pembelajaran dan mampu membuat proses pembelajaran yang berkelanjutan tanpa batas ruang dan tanpa batas waktu.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Yudisium FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Ke-76 yang diikuti 43 peserta. Bertempat di Aula FKIP lantai 3, pada Sabtu (22/6/2024).

Pada kesempatan ini juga, Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., menuturkan, alumni FKIP akan menjadi bagian keluarga besar KAUM Universitas Muhammadiyah Palembang. Dan sebagai alumni harus selalu menjunjung tinggi nama baik almamater.

“Saya berpesan, bahwa hari ini bukanlah akhir langkah anda semua untuk meraih masa depan, tetapi merupakan langkah awal untuk berkiprah di tengah masyarakat, dan alumni harus terus meningkatkan kualifikasi pendidikan, utamanya di PPG” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., berbangga karena keberhasilan peserta yudisium dalam menyelesaikan studi tepat waktu, dan melampaui standar mutu minimal, sehingga nantinya bisa menunjukan keunggulan dalam persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dengan alumni instansi lain.

Saat ini FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki 84 dosen tetap dengan 1 orang Guru Besar, 24 orang Doktor (33%), dan insya Allah ada 7 orang dosen FKIP yang sedang menempuh S3 segera selesai, serta 60 orang Magister (63%). Dosen di lingkungan FKIP juga saat ini 64 orang (74%) sudah mendapatkan sertifikat pendidik.

Dengan kualitas sumber daya dosen yang ada tersebut, maka sangat wajar apabila dalam satu tahun terkahir ini FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang baik secara lembaga, dosen secara individu, maupun mahasiswa telah telah menghasilkan beberapa prestasi;

Pada tahun 2023, Program Studi Administrasi Pendidikan mendapatkan Akreditasi Unggul, dan Pada tahun 2024, Program Studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Biologi mendapatkan Akreditasi Unggul.

Selanjutnya, Prestasi Dosen Mendapatkan Hibah Penerima Program Bantuan Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital Tahun 2024 atas nama Dr. Samsilayurni, M.Si & Tim. Mendapatkan Hibah PFR Tahun 2024 atas nama Erie Agusta, M.Pd & Tim. Mendapatkan Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) Tahun 2023 atas nama Dr. Marlina Ummas Genisa, M.Sc & Tim; Erie Agusta, M.Pd & Tim, serta Mendapatkan Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) S-3 dari LPDP Kemendikbud tahun 2023 di Universitas Jambi atas nama Sulton Nawawi, M.Pd.

Kemudian 23 orang Mahasiswa FKIP UM Palembang Mendapatkan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023, sebanyak 1 orang Mahasiswa FKIP UM Palembang Mendapatkan Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023, dan sebanyak 37 orang Mahasiswa FKIP UM Palembang Mendapatkan Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024.

Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., juga menambahkan, bagi peserta yudisium yang akan meneruskan cita-citanya menjadi guru disampaikan bahwa saat ini FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang memiki Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan dan Prajabatan pada bidang studi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris & Biologi. Hal ini tentu merupakan peluang besar bagi alumni untuk menjadi Guru Profesional sertifikat pendidik.

“Dengan modal sumber daya manusia dosen yang dimiliki secara potensial cukup besar ini, diharapkan 5 tahun mendatang FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang akan lebih berkualitas dan maju” pungkasnya.