img not found!

Tiga Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Berpartisipasi dalam PPL Internasional di Filipina: Pengalaman dan Pembelajaran

Tiga Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Berpartisipasi dalam PPL Internasional di Filipina: Pengalaman dan Pembelajaran

Palembang, 02 Oktober 2024 – Universitas Muhammadiyah Palembang kembali mengukuhkan posisinya sebagai universitas tingkat dunia (World Class University). Upaya ini antara lain dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Sebanyak 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang melaksanakan PPL internasional yang difasilitasi oleh Universitas Mindanao Filipina, dan hal tersebut merupakan salah satu upaya Universitas Muhammadiyah Palembang dalam menuju visi kampus internasional.

Ke 3 mahasiswa tersebut yaitu Saffanah Hilyah Dienie, Meria Billah Ittaqi, dan Pebiyola, akan melaksanakan PPL Internasional di sekolah yang merupakan mitra Universitas Mindanao Filipina mulai awal Oktober hingga November 2024.

Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Eko Ariyanto, M.Eng.Chem., mengatakan bahwa kegiatan PPL Internasional ini adalah program unggulan yang terus diprogramkan Universitas Muhammadiyah Palembang yaitu mengirimkan mahasiswanya kebeberapa negara di Asia Tenggara termasuk program magang di KJRI Malaysia.

“Tahun 2024 ini kita mengirimkan 3 mahasiswa kita ke Filipina untuk mengikuti kegiatan PPL Internasional yang telah rutin kita ikuti beberapa tahun terakhir ini. Mahasiswa yang kita kirimkan telah melalui tahap seleksi untuk bisa berangkat ke Thailand” ujarnya.

Dr. Eko Ariyanto, M.Eng.Chem., juga menyampaikan kebanggaannya kepada seluruh peserta PPL Internasional bahwa mereka adalah mahasiswa yang terbaik dari yang terbaik di Universitas Muhammadiyah Palembang.

“Selain negara Filipina, Universitas Muhammadiyah Palembang juga memiliki kesepakatan dengan beberapa perguruan tinggi di Asia yang salah satu program kesepakatannya adalah pertukaran mahasiswa dan dosen. Ini menjadi peluang yang besar bagi mahasiswa yang berkuliah di Universitas Muhammadiyah Palembang” tambahnya.

Jaringan Internasional menjadi salah satu bidang khusus yang terus dikembangkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, tidak banyak kampus di provinsi Sumatera Selatan yang memiliki program internasional untuk mahasiswanya.

Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., menyampaikan bahwa PPL Internasional ini bagian dari implementasi MoU antara Universitas Muhammadiyah Palembang dan Universitas Mindanao Filipina yang telah disepakati sebelumnya.

PPL internasional merupakan salah satu program unggulan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Program Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa sangat penting karena mahasiswa diwajibkan untuk praktek mengajar langsung di sekolah agar bisa mendapatkan pengalaman mengajar sebelum menjalankan profesinya.

Mahasiswa PPL tidak hanya mendapatkan pengalaman mengajar sesuai dengan bidang keahlian mereka, melainkan juga belajar mengenai pengelolaan sekolah di negara yang dituju secara komprehensif. Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk tinggal bersama orang tua asuh atau asrama sekolah bersama para guru dan mahasiswa setempat.

“Selama program berlangsung, mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang akan memiliki tambahan ilmu pengetahuan tentang bahasa dan budaya negara yang dituju serta belajar cara menjembatani perbedaan budaya tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., menuturkan bahwa PPL internasional ini juga terbuka untuk mahasiswa program studi lain yang ada di FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.

“Mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa dan akademisi dari Universitas Mindanao Filipina, memperluas jaringan dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka” pungkasnya.

Ke 3 mahasiswa tersebut yaitu Saffanah Hilyah Dienie, Meria Billah Ittaqi, dan Pebiyola, akan melaksanakan PPL Internasional di sekolah yang merupakan mitra Universitas Mindanao Filipina mulai awal Oktober hingga November 2024.