Monitoring Evaluasi Program PPG Universitas Muhammadiyah Palembang
Palembang, 7 November 2024 – Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) untuk Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada 6 dan 7 November 2024. Acara ini diselenggarakan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dalam program PPG yang bertujuan untuk menghasilkan guru-guru profesional yang siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan.
Pada tanggal 6 November 2024, kegiatan MONEV dimulai di Kampus PPG UMP. Monev ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Wakil Dekan I dan II FKIP, Koordinator PPG, dosen pengampu, guru pamong, staf IT, serta mahasiswa peserta PPG. Kegiatan ini juga melibatkan Tim UPM (Unit Penjaminn Mutu) dan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UMP, yang berperan dalam melakukan evaluasi kualitas akademik dan pengembangan kurikulum di program PPG.
MONEV di kampus PPG UMP ini berfokus pada evaluasi proses pembelajaran yang dilaksanakan di ruang kelas. Berbagai aspek diperiksa, mulai dari kelancaran pengajaran, relevansi materi yang disampaikan dengan kebutuhan dunia pendidikan, hingga pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dipelajari. Dosen pengampu dan Koordinator PPG melakukan observasi langsung terhadap interaksi antara dosen dan mahasiswa dan juga mahasiswa dan guru pamong, serta mengevaluasi sejauh mana mahasiswa dapat mengimplementasikan teori yang dipelajari ke dalam praktik mengajar di lapangan.
Selain evaluasi akademik, acara ini juga mencakup diskusi mengenai pengelolaan kelas, metode pengajaran yang digunakan, serta penerapan teknologi dalam pembelajaran. Penilaian terhadap fasilitas pendukung pendidikan di kampus, seperti ruang kelas yang memadai, peralatan belajar, keberadaan media pembelajaran digital, serta akses internet turut menjadi fokus dalam kegiatan ini.
Pada hari kedua, 7 November 2024, kegiatan MONEV berlanjut ke SMP Negeri 54 Palembang, yang menjadi salah satu sekolah mitra dalam program PPG Universitas Muhammadiyah Palembang. Di sini, mahasiswa PPG diberi kesempatan untuk melakukan praktik mengajar di kelas yang dipantau oleh dosen pembimbing dan guru pamong. Evaluasi di sekolah ini lebih berfokus pada implementasi pembelajaran di lapangan dan bagaimana mahasiswa PPG dapat mengaplikasikan pengetahuan serta keterampilan mengajar yang telah mereka pelajari selama perkuliahan.
Proses pembelajaran di SMP Negeri 54 dilaksanakan dalam bentuk sesi kelas yang diajar oleh mahasiswa PPG dengan bimbingan langsung dari guru pamong. Para dosen pengampu dan pengelola PPG UMP memantau jalannya proses belajar mengajar, menilai bagaimana mahasiswa memanfaatkan berbagai metode mengajar yang sudah diajarkan, serta mengukur efektivitas pengajaran yang dilakukan. Penilaian dilakukan terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengelola kelas, merancang rencana pelajaran, serta mengaplikasikan berbagai pendekatan dan teknik mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa di SMP.
Selain itu, evaluasi juga mencakup kemampuan mahasiswa dalam melakukan adaptasi terhadap perbedaan kebutuhan dan potensi siswa. Fokus lainnya adalah pada pengelolaan waktu dalam mengajar serta interaksi mahasiswa dengan siswa yang dapat mendukung proses belajar yang lebih aktif dan produktif. Evaluasi di sekolah ini juga menjadi kesempatan bagi dosen pengampu dan guru pamong untuk memberikan umpan balik langsung mengenai kekuatan dan area yang perlu perbaikan dalam teknik mengajar mahasiswa.
Di tingkat implementasi lapangan, di SMP Negeri 54 Palembang, hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa PPG sudah mampu menerapkan metode mengajar yang cukup baik. Namun, beberapa mahasiswa masih perlu meningkatkan keterampilan dalam hal pengelolaan waktu dan teknik interaksi dengan siswa. Beberapa rekomendasi yang muncul dari evaluasi ini adalah pentingnya latihan lebih intensif mengenai manajemen kelas dan penerapan pendekatan pengajaran yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa.
Secara keseluruhan, kegiatan MONEV ini menunjukkan komitmen yang kuat dari Universitas Muhammadiyah Palembang untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan profesi guru melalui evaluasi berkelanjutan. Proses ini juga menjadi sarana penting untuk memastikan bahwa para peserta PPG dapat menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi guru yang profesional dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin dinamis.
Berdasarkan temuan dan rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan MONEV, Universitas Muhammadiyah Palembang berencana untuk melakukan perbaikan dalam berbagai aspek yang terkait dengan pelaksanaan program PPG. Rencana tindak lanjut yang diusulkan antara lain adalah revisi kurikulum agar lebih mengakomodasi kebutuhan praktis di lapangan, peningkatan kualitas pelatihan pengelolaan kelas dan teknik pengajaran, serta penguatan integrasi teknologi dalam pembelajaran.
Selain itu, pengelola program PPG juga berencana untuk meningkatkan keterlibatan sekolah-sekolah mitra dalam proses pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat lebih banyak berinteraksi dengan dunia nyata pendidikan dan lebih siap menghadapi situasi mengajar yang sesungguhnya. Penggunaan teknologi pembelajaran yang lebih inovatif juga akan diperkenalkan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efisien dan efektif.
Kegiatan MONEV yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 November 2024 ini menegaskan komitmen Universitas Muhammadiyah Palembang dalam mencetak guru-guru yang tidak hanya memiliki kompetensi akademik yang baik, tetapi juga memiliki keterampilan mengajar yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di masa depan. Melalui evaluasi berkala seperti ini, diharapkan Program Pendidikan Profesi Guru di UMP dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi dunia pendidikan, menciptakan generasi guru yang profesional dan siap menghadapi tantangan zaman.