img not found!

FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Selenggarakan Workshop Kurikulum Outcome-Based Education (OBE)

FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Selenggarakan Workshop Kurikulum Outcome-Based Education (OBE)

Palembang, 07 Oktober 2025 — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palembang menyelenggarakan Workshop Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) sebagai langkah strategis dalam memperkuat sistem pembelajaran dan penjaminan mutu akademik di lingkungan fakultas. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Beston Palembang ini diikuti oleh dosen dari berbagai program studi di bawah naungan FKIP dan diselenggarakan dengan tujuan utama untuk mengoptimalkan pemahaman serta implementasi kurikulum berbasis capaian pembelajaran.

Kegiatan workshop ini merupakan bagian dari komitmen FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang dalam meningkatkan mutu pendidikan dan menyesuaikan kurikulum dengan kebijakan nasional pendidikan tinggi, termasuk Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang menuntut pendekatan pembelajaran lebih fleksibel, kontekstual, dan berorientasi pada capaian hasil belajar mahasiswa.

Kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) menempatkan capaian pembelajaran sebagai pusat perancangan proses pendidikan. Pendekatan ini menekankan pentingnya hasil akhir yang terukur, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Dalam konteks pendidikan tinggi, penerapan OBE menjadi tuntutan penting untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki kemampuan praktis, berpikir kritis, dan siap menghadapi perubahan di dunia kerja serta masyarakat.

Melalui workshop ini, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang berupaya memastikan bahwa seluruh dosen memahami dan mampu menerapkan prinsip OBE secara menyeluruh dalam penyusunan kurikulum, penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Kegiatan ini juga menjadi wadah kolaboratif bagi para dosen lintas program studi untuk menyamakan persepsi, membangun kesepahaman, serta memperkuat sinergi dalam pelaksanaan kurikulum di tingkat fakultas.

Workshop dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang yang menegaskan bahwa penerapan kurikulum OBE merupakan bagian dari transformasi pendidikan menuju sistem yang lebih terarah dan berorientasi pada hasil. Melalui kegiatan ini, FKIP bertekad menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam aspek akademik, tetapi juga memiliki karakter islami, profesional, dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun global.

Kegiatan menghadirkan dua narasumber utama dari Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang, yaitu Dr. Ketang W., M.Pd. dan Erie Agusta, M.Pd., yang memiliki kompetensi dan pengalaman luas dalam pengembangan kurikulum berbasis capaian pembelajaran. Keduanya memaparkan secara mendalam berbagai aspek penting dalam penerapan OBE, mulai dari perancangan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), Sub-CPMK, hingga penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan mekanisme evaluasi pembelajaran.

Selama kegiatan berlangsung, peserta mendapatkan berbagai materi dan pendampingan teknis mengenai penyusunan kurikulum OBE. Narasumber menjelaskan bahwa setiap elemen dalam kurikulum harus saling terhubung secara logis dan sistematis, mulai dari visi misi program studi, profil lulusan, capaian pembelajaran, hingga bahan kajian dan metode penilaian.

Selain penyampaian materi, workshop juga diisi dengan sesi praktik penyusunan dokumen kurikulum secara langsung. Dosen dari setiap program studi dibimbing untuk menyusun dan meninjau kembali CPL dan CPMK agar selaras dengan profil lulusan dan kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder). Pendekatan partisipatif ini memungkinkan dosen untuk langsung mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam kurikulum yang sudah ada serta menyusun langkah implementasi ke depan.

Interaksi dan diskusi antar peserta berjalan dinamis. Banyak dosen yang aktif mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait penerapan OBE di program studi masing-masing. Diskusi ini menjadi wadah refleksi dan berbagi praktik baik (best practices) antarprodi dalam pengelolaan kurikulum dan pembelajaran. Suasana kegiatan berlangsung produktif dan kondusif, mencerminkan semangat bersama untuk memajukan kualitas akademik FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.

Penerapan Outcome-Based Education (OBE) juga sejalan dengan arah kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Dengan pendekatan OBE, kurikulum diharapkan lebih terbuka, adaptif, dan mampu mengakomodasi kegiatan pembelajaran di luar kampus seperti magang, proyek lapangan, penelitian, maupun kegiatan sosial yang relevan dengan bidang keilmuan mahasiswa.

Selain itu, kurikulum berbasis capaian memungkinkan lembaga pendidikan untuk menunjukkan kesesuaian antara visi institusi, profil lulusan, dan hasil pembelajaran yang nyata. FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang memandang hal ini sebagai langkah penting menuju pengakuan mutu akademik yang lebih luas.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, setiap program studi di FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang diharapkan dapat segera melakukan revisi dan penyempurnaan dokumen kurikulum berbasis OBE sesuai dengan arahan narasumber. Tim penyusun kurikulum akan melakukan rapat lanjutan untuk menyesuaikan CPL, CPMK, dan RPS dengan pendekatan baru, sekaligus memastikan konsistensi antara profil lulusan dan kebutuhan dunia kerja.

Workshop ini menjadi momentum penting dalam perjalanan FKIP untuk memperkuat peran sebagai lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan. Dengan penguasaan OBE yang baik, dosen FKIP diharapkan mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih terukur, inovatif, dan relevan dengan perkembangan zaman.

Melalui kegiatan workshop kurikulum OBE di Hotel Beston Palembang ini, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas akademik dan memperkuat sistem penjaminan mutu pendidikan. Hasil dari kegiatan ini akan menjadi pijakan penting dalam pelaksanaan kurikulum baru yang berorientasi pada capaian pembelajaran dan pengembangan kompetensi mahasiswa secara menyeluruh.

FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang bertekad untuk melahirkan pendidik yang tidak hanya memiliki keunggulan akademik, tetapi juga berkarakter islami, profesional, dan berintegritas tinggi. Penerapan OBE menjadi salah satu langkah nyata menuju visi fakultas sebagai pusat unggulan dalam pengembangan ilmu pendidikan yang adaptif terhadap tantangan dan kebutuhan abad ke-21.